7 Perubahan yang terjadi dalam proses mencari kerja

Jika Anda berniat mencari pekerjaan, Anda mungkin sedikit kaget dengan perubahan yang terjadi di dunia kerja. Sebab proses mencari kerja sudah berubah banyak akibat pengaruh dari kemajuan internet dan pertumbuhan ekonomi. Setidaknya ada tujuh perubahan yang terjadi dalam proses mencari kerja, demikian seperti yang dilansir dari US News (26/11).

Tidak perlu keluar rumah
Adanya internet membuat Anda tidak perlu susah payah pergi keluar rumah untuk mengirimkan surat lamaran kerja melalui pos. Anda juga bahkan bisa melakukan wawancara via video chatting jika perusahaan menginginkannya.

Banyak saingan
Namun informasi lowongan pekerjaan yang menyebar cepat juga berdampak buruk bagi pencari kerja. Pasalnya semakin banyak orang yang tahu tentang lowongan tersebut dan semakin banyak pula saingan yang mengejar satu posisi yang sama dalam sebuah perusahaan.



Advertisements


Bantuan jejaring sosial
Berbagai jejaring sosial juga bisa dengan mudah menghubungkan para pencari kerja bersama perusahaan yang diincar atau sebaliknya. Misalnya LinkedIn yang membuat Anda lebih mudah mengakses profil perusahaan dengan sekali klik. Internet benar-benar membuat semuanya terasa lebih mudah.

Perusahaan semakin pemilih
Karena semakin banyak para pelamar kerja yang melamar pada waktu yang bersamaan dan mengincar satu posisi yang sama, perusahaan pun menjadi semakin pemilih. Mereka meningkatkan kualifikasi yang lebih sulit demi menjaring kandidat calon pegawai yang benar-benar tepat.

Sulit mengubah posisi
Sebaik apapun kemampuan Anda dalam beberapa bidang, atasan tidak akan mempertimbangkan Anda untuk berpindah posisi. Pasalnya setiap posisi sudah dirasa memiliki kandidat pegawai yang tepat sesuai kualifikasi atasan. Jadi Anda akan sulit mengubah posisi atau jabatan jika sudah diterima dalam sebuah perusahaan.

Selalu magang
Sampai saat ini, semakin banyak orang yang magang meskipun sudah lulus. Entah itu digaji atau tidak, banyak orang berusaha untuk tetap memupuk kemampuannya sekaligus menciptakan reputasi demi kemajuan karirnya di masa depan melalui magang.

Gaji sering rendah
Jangan heran jika perusahaan yang baru ternyata memberi tawaran gaji yang lebih rendah daripada yang lama. Sebab semakin banyaknya karyawan yang masuk artinya semakin banyak pula pengeluaran yang dilakukan perusahaan untuk menggaji mereka.

Demikian berbagai perubahan yang terjadi dalam proses mencari kerja. Apakah Anda juga mengalaminya?

[riz]

Other articles you might like;

Advertisements